Thursday 29 March 2012

Home » » Pengertian Hasil Belajar

Pengertian Hasil Belajar

Hasil Belajar Menurut Syaiful Bahri Djamarah (2008: 12) belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa dan raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotor. Perubahan yang terjadi itu sebagai akibat dari belajar. Perubahan itu merupakan hasil belajar. Mengacu pada pengertian tersebut maka hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang dialami individu sebagai hasil dari interkasi dengan lingkungannya menyangkut ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.

Sedangkanm Hasil Belajar menurut Catharina Tri Anni dalam Setyowati (2006: 19) hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar. Menurut Abdurrahman (2003: 37) Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Menurut Sudjana (2005 : 22) hasil belajar adalah kemampuan – kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar.  Menurut Dimyati dan Mudjiono (1994: 4) hasil belajar, untuk sebagian adalah berkat tindak guru, suatu pencapaian tujuan pengajaran.

Dari beberapa pengertian hasil belajar di atas maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang menjadi tolak ukur dalam  menentukan keberhasilan siswa memahami suatu materi pelajaran, dimana hasil belajar menyangkut ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.

Seseorang dapat dikatakan telah belajar sesuatu apabila dalam dirinya telah terjadi suatu perubahan, akan tetapi tidak semua perubahan yang terjadi merupakan hasil belajar, misalnya perubahan dikarenakan minuman yang memabukkan. Jadi hasil belajar merupakan pencapaian tujuan belajar dan hasil belajar sebagai produk dari proses belajar, maka didapat hasil belajar.

Artikel Terkait :