Thursday 23 August 2012

Home » » Model Pembelajaran

Model Pembelajaran

Menurut kamus umum  bahasa Indonesia model berarti contoh, pola, acuan, ragam (macam) dan sebagainya, sedangkan pembelajaran dapat diartikan sebagai proses yang dilakukan oleh seorang guru dalam membelajarkan siswanya atau suatu aktifitas belajar mengajar yang didalamnya ada dua subyek yaitu guru dan siswa. Jadi model pembelajaran merupakan suatu pola yang dapat digunakan sebagai acuan dalam membelajarkan siswanya.
Suherman (1992) berpendapat, secara umum istilah model diartikan sebagai kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan suatu kegiatan. Atas dasar pemikiran tersebut, maka yang dimaksud dengan model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pengajaran. Sedangkan menurut Arends (1997), model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang menuntun guru/dosen untuk melakukan perencanaan pengajaran dan memadunya di dalam mengelola proses belajar mengajar.

Suatu pembelajaran disebut berjalan dan berhasil dengan baik apabila mampu mengubah diri peserta didik, dalam arti yang luas mampu menumbuhkan kesadaran peserta didik untuk belajar. Selain itu pengalaman yang diperoleh peserta didik selama ia terlibat dalam proses pengajaran itu dapat dirasakan manfaatnya secara langsung bagi perkembangan pribadi.

Adapun  pejelasan berdasakan Wikipedia Pembelajaran adalah setiap perubahan perilaku yang relatif permanen, terjadi sebagai hasil dari pengalaman. Banyak faktor yang mempengaruhi dalam proses pembelajaran, baik internal maupun faktor eksternal.

Artikel Terkait :